trik dan tips blogspotΙilmu pengetahuanΙinfo menarikΙilmu komputerΙ

Sabtu, 06 Oktober 2012

Pengertian Dan Fungsi Dari Software Spreadsheet

| Sabtu, 06 Oktober 2012
Software Spreedsheet pertama kali dibuat oleh Daniel S. Bricklin, seorang pemuda yang dibesarkan di Kota Philadelphia Negara bagian Pnnsylvania. Beliau adalah seorang mahasiswa Harvard Business School membuat model financial dipapan tulis. Ketika professor tersebut menemukan sebuah kesalahan atau mengubah sebuah parameter, ia harus menghapus dan menulis ulang sejumlah rumus secara berurutan dalam sebuah table. Hal itu membuat Brcklin berfikir bahwa ia dapat membuat ulang proses tersebut dalam sebuah komputer menggunakan sebuah “lembar kerja elektronik” untuk melihat hasil sejumlah rumus yang ada.
spreadsheet software


Pengertian Software Spreadsheet

a.Wikipedia
Lembar kerja atau spreadsheet adalah tabel data yang berbentuk kotak dengan baris dan kolom yang berisi penghitungan-penghitungan tertentu yang digunakan untuk melakukan analisis.Bentuk analisis dan perhitungan yang lain dapat berupa analisis statistic, perhitungan akuntansi, pembuatan time-schedule dan lain sebagainya.

b.Wayan Warmada
Spreadsheet merupakan suatu tabel nilai-nilai yang disusun dalam baris dan kolom. Masing-masing nilai dapat memiliki suatu hubungan yang telah terdefinisi dengan nilai yang lainya.Jika salah satu nilai diubah, maka nilai yang lain juga perlu diubah. Aplikasi spreadsheet merupakan program komputer yang membiarkan kita untuk membuat dan memanipulasi lembar kerja secara elektronik. Pada suatu spreadsheet, masing-masing nilai menempati  suatu sel. Kita dapat mendefinisikan tipe data pada sel dan hubungannya dengan sel-sel yang lain.

Fungsi Software Spreadsheet
Hal-hal yang dapat kita lakukan dengan memanfaatkan software Spreadsheet antara lain sebagai berikut :
a.    Membuat tabel.
b.    Melakukan perhitungan yang menggunakan tabel (tabulasi).
c.    Laporan keuangan, penjualan, pembelian, daftar gaji, dan lain sebagainya.
d.    Membuat grafik.
e.    Penghitung rumus statistik.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.