trik dan tips blogspotΙilmu pengetahuanΙinfo menarikΙilmu komputerΙ

Kamis, 20 Februari 2014

Jenis-Jenis/Macam-Macam Animasi

| Kamis, 20 Februari 2014
Jenis-Jenis/Macam-Macam Animasi

Jenis-Jenis/Macam-Macam Animasi
Dilihat dari tehnik pembuatannya animasi yang ada saat ini dapat dikategorikan menjadi  3, yaitu:

1.  Animasi Stop-motion (Stop Motion Animation)
2.  Animasi Tradisional (Traditional animation)
3.  Animasi Komputer (Computer Graphics Animation)

 
1.  Stop-motion animation
Stop-motion  animation sering  pula  disebut  claymation karena  dalam  perkembangannya, jenis animasi ini sering menggunakan clay (tanah liat) sebagai  objek  yang  digerakkan  .  Tehnik stop-motion  animation merupakan  animasi  yang  dihasilkan  dari  penggambilan  gambar  berupa  obyek  (boneka  atau  yang  lainnya)  yang  digerakkan  setahap  demi  setahap.  Dalam  pengerjaannya  teknik  ini  memiliki  tingkat kesulitan dan memerlukan kesabaran yang tinggi.

Wallace and Gromitdan Chicken Run, karya Nick Parks, merupakan salah satu contoh karya stop motion animation. Contoh lainnya adalah Celebrity Deadmatch di MTV yang menyajikan adegan perkelahian antara berbagai selebriti dunia. 

2. Animasi Tradisional(Traditional animation)
Tradisional animasi adalah tehnik animasi yang paling umum dikenal sampai saat ini. Dinamakan tradisional karena tehnik animasi inilah yang digunakan pada saat animasi  pertama  kali  dikembangkan.  Tradisional  animasi  juga  sering  disebut cel animation karena  tehnik  pengerjaannya  dilakukan pada celluloid  transparent yang sekilas  mirip  sekali  dengan  transparansi  OHP  yang  sering  kita  gunakan.  Pada pembuatan animasi tradisional, setiap tahap gerakan digambar satu persatu di atas cel.
 
Dengan berkembangnya teknologi komputer, pembuatan animasi tradisional ini telah dikerjakan dengan menggunakan komputer. Dewasa ini teknik pembuatan animasi tradisional yang dibuat dengan menggunakan komputer lebih dikenal dengan istilah animasi 2 Dimensi.
”Pinokio” salah satu film animasi tradisional buatan Waltsdisney.

3. Animasi Komputer
Sesuai  dengan  namanya,  animasi  ini  secara  keseluruhan  dikerjakan  dengan menggunakan  komputer.  Dari  pembuatan  karakter,  mengatur  gerakkan   “pemain” dan kamera, pemberian suara, serta special effeknya semuanya di kerjakan dengan komputer.

Dengan  animasi  komputer,  hal-hal  yang  awalnya  tidak  mungkin  digambarkan dengan  animasi  menjadi  mungkin  dan  lebih  mudah.  Sebagai  contoh  perjalanan wahana  ruang  angkasa  ke  suatu  planet  dapat  digambarkan  secara  jelas,  atau proses terjadinya tsunami.

Perkembangan  teknologi komputer  saat  ini,  memungkinkan  orang  dengan mudah membuat  animasi.  Animasi  yang  dihasilkan  tergantung  keahlian  yang  dimiliki  dan software yang digunakan.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.