trik dan tips blogspotΙilmu pengetahuanΙinfo menarikΙilmu komputerΙ

Jumat, 31 Agustus 2012

Pengertian Input Device Pada Komputer Beserta Contoh Hardwarenya (Perangkat Keras)

| Jumat, 31 Agustus 2012

Input device atau perangkat masukkan adalah perangkat komputer yang berfungsi untuk memasukkan data atau perintah kedalam komputer berupa teks grafik gambar suara dan lain lain.
Contoh Perangkat Keras Input Device Pada Komputer :
Keyboard
Adalah alat input data yang umum pada komputer yang umumnya digunakkan untuk memasukkan data berupa teks.Jika dibandingkan dengan alat input lainnya keyboard merupakan alat input yang paling lambat. Keyboard mengkonsumsi arus listrik yang sangat rendah untuk mengirim implus listrik ke CPU ketika kita menekan sebuah tombol.
Mouse
Meruakan alat yang digunakan untuk mengatur posisi kursor (pointer) dan mengarahkan objek gambar didalam monitor
Joystick
Adalah alat yang digunakkan dalam program permainan atau game, alat ini biasanya memiliki landasan plastic persegi atau segi empat tempat tuas vertical tombol control pada dasar dan terkadang  diatas tuas sehingga dapat digerakkan kesegala arah untuk mengendalikan gerakkan objek pada monitor. Joystick dapat dihubungkan dengan komputer melalui port khusus yang disebut dengan game port atau joystick port. Tidak semua komputer mempunyai port ini jika ingin memasang joystick pada komputer harus menambahkan card khusus.
Scanner
Merupakan alat untuk membaca gambar atau tulisan yang berasal dari suatu kertas atau objek lain 2 Dimensi kedalam CPU dan akan ditampilkan pada layar monitor. Pada awalnya scanner dibuat hanya untuk memasukkan contoh atau sample.Pada selembar kertas dan menjalankan operasi berdasarkan nilai yang diterimanya. Namun, dengan perkembangan yang maju, Scanner dapat digunakan untuk memasukkan objek dari suatu benda secara langsung seperti gambar 3 D.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.