trik dan tips blogspotΙilmu pengetahuanΙinfo menarikΙilmu komputerΙ

Kamis, 13 September 2012

Jenis-Jenis Port Pada Komputer Beserta Fungsinya

| Kamis, 13 September 2012

Port Power Supply
Port power supply digunakan untuk mengalirkan arus listrik kedalam komputer. Secara fisik power supply untuk komputer berbentuk kotak yang dilengkapi dengan fan (kipas pendingin). Pada bagian tertentu terdapat kabel-kabel untuk mengalirkan arus listrik dari power supply ke komponen-komponen didalam komputer seperti mainboard, harddisk, dll. Ada 2 colokan yang terdapat pada power supply. Colokan pertama merupakan colokan untuk kabel yang terhubung ke sumber arus listrik dirumah kita. Colokan kedua merupakan colokan yang terhubung ke monitor. Akan tetapi, tidak semua power supply menyediakan arus listrik untuk monitor. Pada power supply yang tidak memiliki colokan untuk monitor, monitor mengambil listrik langsung dari sumber listrik rumah kita.

Port PS/2
Port PS/2 (personal system/2) yait port untuk menghubungkan mouse dan keyboard. Pada komputer-komputer seri terbaru, port PS/2 sudah mulai diganti dengan port USB.

Port Serial
Port Serial yaitu port yang terdiri dari 9 pin dan biasanya digunakan untuk menghubungkan modem eksternal yang sama-sama menggunakan port serial.

Port Paralel
Port Paralel yaitu port yang terdiri dari 25 pin yang dapat digunakan untuk menghubungkan printer, joystick, scanner, dan peralatan lainnya.

Port VGA Video
Port ini digunakan untuk menambahkan perangkat-perangkat seperti monitor, VGA card, TV tunner, dan Firewire

Port USB
Port USB (Universal Serial Bus) yaitu port universal yang dapat menghubungkan berbagai peralatan ke komputer. Dewasa ini, port USB merupakan port yang banyak terdapat pada system komputer. Perangkat yang dapat dihubungkan ke komputer melalui port USB antara lain Mouse, keyboard, printer, flashdisk, handphone, PDA, scanner dan modem.

Port RJ45 NIC
RJ45 adalah jenis konektor yang digunakan untuk koneksi Ethernet pada komputer dan perangkat jaringan Ethernet lainnya seperti router, modem, dan perangkat lain mendukung interface Ethernet. 


Port 56K Modem
Port 56K Modem adalah jenis konektor untuk koneksi internet dengan koneksi kabel telepon ke modem. Port ini sering disebut juga port RJ 11

Port Audio Jacks
Port ini berfungsi menghubungkan peralatan audio, terdiri dari 3 macam :
  • Line in (biru) : dihubungkan dengan tape recorder.
  • Line out (hijau) : dihubungkan dengan speaker
  • Mic (merah) : dihubungkan dengan mic.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.