trik dan tips blogspotΙilmu pengetahuanΙinfo menarikΙilmu komputerΙ

Selasa, 06 November 2012

Definisi Booting dan Gambaran Yang Terjadi Pada Saat Proses Boot Dalam Komputer

| Selasa, 06 November 2012
Secara umum, gambaran yang terjadi pada saat proses boot adalah sebagai berikut :
1.      Saat komputer dinyalakan, memory masih dalam keadaan kosong. belum ada instruksi yang akan dieksekusi (opcode) oleh processor. Oleh karena itu, processor dirancang untuk selalu mencari alamat tertentu pada BIOS ROM. Pada alamat tersebut, terdapat sebuah instruksi Jump, yang menuju ke alamat eksekusi pertama BIOS (Basic Input Output System). Setelah itu, processor menjalankan Power On Self Test (POST), yaitu memeriksa kondisi hardware yang ada.
2.      Sesudah itu, BIOS mencari Video Card. Secara khusus, dia mencari program BIOS milik Video Card. Kemudian sistem BIOS menjalankan Video Card BIOS, barulah setelah itu, Video Card Diinisialisasi.
3.      Kemudian BIOS memeriksa ROM pada pada hardware yang lain.
4.      BIOS melakukan pemeriksaan lagi seperti memeriksa besarnya kapasitas memory dan jenis memory yang dipakai. Lebih lanjut lagi dia memeriksa hardware yang lain seperti Disk. Lalu dia mencari Disk dimana proses boot bisa dilakukan yaitu mencari BOOT SECTOR ini bisa berada di harddisk atau floppy disk.
BIOS Mampu Melakukah Hal-Hal Berikut :
  1. Insialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras (dalam proses yang disebut dengan Power On Self Test (POST))
  2. Memuat dan Menjalankan sistem operasi.
  3. Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal,waktu,konfigurasi media penyimpanan,konfigurasi booting, kinerja serta kestabilan komputer)
  4. Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS RUNTIME SERVICES.

BIOS menyediakan antarmuka komunikasi tingkat rendah dan dapat mengendalikan banyak jenis perangkat keras. BIOS umumnya dibuat dengan menggunakan bahasa rakitan (assembly). Yang digunakan oleh mesin yang bersangkutan kebanyakan versi DOS memiliki berkas yang disebut dengan IBMBIO.COM atau IO.SYS

Macam-Macam BIOS:
Cold Booting
Proses menghidupkan komputer dalam keadaan mati.
Warm Booting
Proses menghidupkan komputer dalam keadaan komputer aktif/hidup.


Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.