trik dan tips blogspotΙilmu pengetahuanΙinfo menarikΙilmu komputerΙ

Kamis, 19 September 2013

Macam-Macam Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Processor PC/Komputer

| Kamis, 19 September 2013
Macam-Macam Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Processor PC/Komputer


Macam-Macam Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Processor PC/Komputer - Processor adalah unit pemroses utama dalam computer yang mengendalikan seluruh proses pengolahan data mulai dari membaca data dari input sampai dengan mengeluarkan data dari output, processor diibaratkan adalah sebuah otak atau organ paling vital didalam computer.

Masalah yang sering terjadi pada processor diantaranya processor terlalu panas, dimana penyebab naiknya suhu processor ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti, suhu ruangan yang terlalu tinggi, kipas angin/fan pendingin processor yang sudah tidak bekerja dengan optimal, pendingin processor yang berdebu atau karena thermal paste yang menempel pada pendingin antara processor dan pendingin yang sudah mengering,
Penyebab suhu processor panas/overheat juga bisa disebabkan karena kita terlalu memaksakan komputer untuk menjalankan aplikasi yang terlalu berat, atau kita menggunakan aplikasi secara bersamaan, itu akan membuat kerja processor menjadi lebih keras, dan itu dapat menyebabkan processor mati apabila hal itu sering dilakukan.

Solusinya adalah bersihkan pendingin processor dan kipasnya, serta ganti thermal paste yang melekat pada processor.

Masalah kerusakan lain yang sering terjadi pada processor adalah Processor terbakar, pin processor patah hal ini sering terjadi akibat kekurang telitian kita dalam membersihkan processor atau memasang processor setelah dibersihkan.

Kerusakan-kerusakan diatas dapat menyebabkan komputer tidak bekerja dengan optimal, apabila suhu processor overheat maka komputer akan macet tidak bisa  dikendalikan lagi, itulah pengalaman yang pernah saya alami.

Kerusakan processor pun seringkali membuat komputer crash dan restart sendiri dan mengeluarkan tulisan “the system has recovered from a serious error”.

Apabila processor mati, maka komputer tidak akan masuk ke menu bios.

Untuk mengantisipasi berbagai kerusakan diatas, rawatlah komputer anda dengan baik, dan alangkah baiknya kita membersihkan CPU kita secara rutin, dan jangan menggunakan komputer terlalu lama, bahkan dalam ilmu ERGONOMI dikatakan bahwa penggunaan komputer maksimal adalah 2 jam
Terakhir gunakan lah stabilizer untuk menjaga tegangan listrik agar tetap stabil.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.