trik dan tips blogspotΙilmu pengetahuanΙinfo menarikΙilmu komputerΙ

Rabu, 04 Mei 2016

Pengertian Berita dan Bagian-Bagianya

| Rabu, 04 Mei 2016
Pengertian Berita dan Bagian-Bagianya

Pernahkah kita mendengar kata berita?? Apa yang dimaksud berita dan apa Pengertian Berita?

Ya... Kali ini YBS akan sedikit berbagi ilmu mengenai berita, Berita adalah sebuah laporan atau sebuah cerita mengenai suatu kejadian atau peristiwa terbaru yang bersifat penting untuk disampaikan kepada masyarakat umum atau kepada orang banyak. Berita disajikan dalem bentuk-betuk yang berbeda, seperti dikemas dalam surat kabar, radio, televisi atau bahkan internet.

Orang-orang zaman dahulu menyampaikan berita dengan cara tradisional yaitu dari mulut ke mulut atau disampaikan dengan cara pengumuman. Berita bisa juga disebut sebagai informasi mengenai sesuatu yang sedang terjadi yang bersifat nyata.

Berita merupakan suatu peristiwa yang sedang terjadi atau baru saja terjadi, Bisa disebut berita apabila mengandung fakta dan dianggap penting untuk disampaikan kepada orang banyak. Tetapi tidak semua fakta bisa disampaikan kepada masyarakat sehingga ada kategori atau fakta tertentu yang memang harus ada dalam suatu berita.



Berita juga biasa digunakan untuk memberikan pengaruh atau doktrin kepada masyarakat yang mengetahuinya, terutama berita mengenai politik seringkali dibumbui hal-hal tertentu yang membuat pembaca atau pendengarnya merasa terdoktrin atau terpengarh untuk mengikutinya atau memberikan simpati kepada topik yang ada dalam berita tersebut.

Bagian-Bagian Yang Harus Ada Dalam Suatu Berita :

Headline.
Headline dapat disebut juga sebagai judul, umumnya dilengkapi juga dengan anak judul. Yang fungsinya untuk memudahkan para pembaca supaya dapat segera mengetahui peristiwa apa yang akan disampaikan dan menonjolkan berita tersebut dengan dukungan grafik supaya lebih menarik.

Deadline.
Biasanya berisi keterangan atau nama media massa, tempat peristiwa itu terjadi juga lengkap dengan tanggal atau waktu kejadian peristiwa tersebut. Tujuannya adalah untuk menunjukan tempat dan waktu serta media yang menyampaikan berita.

Lead.
Lead adalah unsur yang sangat penting dari berita karena Lead dapat menentukan isi dari berita, Lead juga bisa disebut sebagai tema atau intisari dari suatu berita yang berisi ringkasan mengenai seluruh kejadian atau peristiwa yang ada dalam berita yang dikemas secara singkat dan biasa disebut teras berita yang terletak diawal paragraf.

Body.
Body adalah tubuh dari berita yang berisi peristiwa-peristiwa yang terjadi yang dibahas secara singkat padat jelas namun lengkap mengenai keseluruhan berita, bagian inilah yang menjelaskan secara detail mengenai suatu berita.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.